Minggu, 03 April 2016

Tempat Wisata di Cianjur

Tempat Wisata di Cianjur yang Wajib Dikunjungi

Setelah membahas Tempat Wisata di Tasikmalaya dan Tempat Wisata di Bogor, kali ini Dambiro Tour & Travel akan memberikan informasi Tempat Wisata di Cianjur yang Wajib Dikunjungi yang telah berhasil Dambiro Tour & Travel rangkum untuk Anda  jadikan sebagai panduan wisata berlibur bersama. Nah, kalau Anda punya pengalaman yang lebih seru atau menarik di Cianjur, silakan bagikan juga kepada kami, supaya bisa kami bagikan lagi kepada yang lainnya.

1. Tempat Wisata Pantai Jayanti di Cianjur


Pantai Jayanti menjadi tempat wisata di Cianjur yang pertama kita ulas. Sebenarnya pantai ini bukan yang paling favorit, masih ada tempat wisata favorit lainnya. Pantai Jayanti memiliki keindahan yang menawan dan menarik sekali untuk kita kunjungi, pantai ini berdampingan dengan Cagar Alam Bojonglarang serta pelabuhan nelayan. Pantai ini masih sangat alami atau natural dengan ombak yang indah dan tiupan angin yang perlahan-lahan dapat menambah nyamannya suasana ketika sedang berekreasi di pantai Jayanti. Lokasinya di kecamatan Cidaun. Yang berjarak sekitar 140 km dari Kota Cianjur. Lokasi tepatnya pantai ini ada di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Cianjur selatan, Jawa Barat, Pantai Jayanti bisa ditempuh dari Kota Cianjur dan Bandung melalui dua ruas jalan, yakni ruas jalan Kota Cianjur-Sindangbarang – Cidaun dan Bandung – Ciwidey – Naringgul – Cidaun.


2. Kebun Raya Cibodas di Cianjur
Kebun Raya Cibodas adalah salah satu tempat wisata terbaik di Cianjur, dan tidak boleh Anda lewatkan. Bahkan, seorang fisiologi tumbuhan, Dr. F.W. Went, menyatakan bahwa “Andainya ada surga di bumi ini, maka Cibodas pasti menjadi sebagian dari surga itu”. Keindahan kebun raya cibodas akan membuat Anda dan keluarga betah berlama-lama di sini. Berwisata dengan keluarga di Kebun raya Cibodas memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan dan tidak terlupakan. Apalagi jika di temani oleh kami Dambiro Tour & Travel, pastinya semakin menyenangkan dengan pengalaman yang kami miliki dengan Paket Wisata Murahnya.


Lokasi kebun raya ini berada di desa Rarahan, Cimacan, Cianjur. Berjarak sekitar 86 km dari Jakarta. Sekitar 90 menit perjalanan jika melewati jalan raya Bogor – Puncak – Cianjur. Dari pinggiran jalan raya masih harus berjalan kaki atau dapat juga naik kendaraan kurang lebih sekitar 4 km lagi untuk tiba di Kebun Raya Cibodas. Hawa di Kebun raya Cibodas sangat sejuk karena berada di ketinggian 1.500 m Dari Permukaan Laut, sekitar 18 derajat Celsius.


3. Istana Presiden di Cianjur


Istana presiden di Cipanas menjadi salah satu destinasi wisata di Cianjur yang tidak boleh kita lewatkan. Istana ini memiliki sejarah panjang, dibangun pada 1740 oleh Van Heuts yang di bangun di atas tanah seluas 25 hektar.  Jarak istana cipanas sekitar 105 Km dari kota Jakarta, lokasi istana ini ada di kaki Gunung Gede, sehingga membuat hawa sejuk dan nyaman untuk dikunjungi. Istana Cipanas berjarak sekitar 16 KM kalau dari pusat Kota Cianjur. Walau sekarang sudah tidak terpakai lagi, namun Istana Cipanas masih terpelihara dengan baik. Pemandangan yang ada di sekitar istana seperti tumbuh-tumbuhan, sayur-sayuran, buah-buahan serta tanaman hias yang memberikan nuansa dan suasana asri. Istana megah ini dapat dikunjungi secara umum namun harus mendapatkan izin khusus dari Sekretaris Negara.

4. Curug Citambur di Cianjur


Curug atau air terjun Citambur menjadi salah satu objek wisata alam di Cianjur yang paling terkenal. Untuk sampai ke Curug ini kita harus melewati kebun teh yang sejuk dan indah sekali, perjalanan menuju Curug ini sangat menyenangkan sekali. Air terjun dengan ketinggian sekitar 100 m ini berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran Cianjur. Air terjun yang indah dan elok, seru untuk di jadikan tempat berlibur. Selanjutnya, jika Anda berada di Cianjur atau akan berkunjung ke Cianjur, maka Anda wajib untuk mengunjungi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, di sini ada banyak sekali tempat-tempat keren yang tidak boleh Anda lewatkan. Dambiro Tour & Travel akan menemani perjalanan wisata Anda dengan Paket Wisata Murahnya.


Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Cianjur
Sedikit ulasan dari departemen kehutanan Indonesia, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki keanekaragaman ekosistem yang terdiri dari ekosistem sub-montana, montana, sub-alpin, danau, rawa, dan savana. Ekosistem sub-montana dicirikan oleh banyaknya pohon-pohon yang besar dan tinggi seperti jamuju (Dacrycarpus imbricatus), dan puspa (Schima walliichii). Sedangkan ekosistem sub-alphin dicirikan oleh adanya dataran yang ditumbuhi rumput Isachne pangerangensis, bunga eidelweis (Anaphalis javanica), violet (Viola pilosa), dan cantigi (Vaccinium varingiaefolium).
Satwa primata yang terancam punah dan terdapat di Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango yaitu owa (Hylobates moloch), surili (Presbytis comata comata), dan lutung budeng (Trachypithecus auratus auratus); dan satwa langka lainnya seperti macan tutul (Panthera pardus melas), landak Jawa (Hystrix brachyura brachyura), kijang (Muntiacus muntjak muntjak), dan musang tenggorokan kuning (Martes flavigula)

Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango terkenal kaya akan berbagai jenis burung yaitu sebanyak 251 jenis dari 450 jenis yang terdapat di Pulau Jawa. Beberapa jenis di antaranya burung langka yaitu elang Jawa (Spizaetus bartelsi) dan burung hantu (Otus angelinae). Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfir pada tahun 1977, dan sebagai Sister Park dengan Taman Negara di Malaysia pada tahun 1995.


5. Gunung Gede di Cianjur


Bagi Anda pencinta wisata alam, mendaki gunung gede menjadi salah satu aktivitas wajib di Cianjur. Hampir pada setiap pekan, ada para pencinta alam yang ingin mencoba untuk mendaki puncak Gunung Gede yang tingginya kurang lebih 3000 meter ini. Puncaknya bisa dilihat dengan jelas dari Cibodas Kecamatan Pacet. Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 – 3.000 m. dpl, dan berada pada lintang 106°51′ – 107°02′ BT dan 64°1′ – 65°1 LS. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun. Gerbang utama menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas.

6. Telaga Biru di Cianjur


Salah satu situs alam yang paling indah sedunia yang ada di Taman Nasional Gede Pangrango ini menurut saya. Dicapai di dua jam pertama perjalanan, akan sampai di Telaga Biru. Menurut kisahnya, telaga biru ini terbentuk ketika pihak taman nasional membendung jalur air. Warnanya akan biru ketika musim hujan. Di sana terdapat banyak ikan-ikan yang suka mendekat ketika ada pendaki beraktivitas dekat tepi. Nah ini dia salah satu primadona wisatawan yang datang ke Taman Nasional Gunung Gede, telaga biru. Dalam dua jam pertama perjalanan, kita akan menyaksikan keindahan telaga biru. Warnanya akan biru ketika musim hujan. Di sana terdapat banyak ikan-ikan yang suka mendekat ketika ada pendaki beraktivitas dekat tepi. Danau kecil berukuran lima hektar (1.575 meter dpl.) terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru.
Baca Juga : Tempat wisata di Sukabumi

7. Air Terjun Cibeureum


Satu lagi objek wisata di Cianjur yang Dambiro Tour & Travel informasikan berupa air terjun yang tidak kalah dengan Curug Citambur, yaitu air terjun Cibeureum yang ada di Cibodas. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 M dan terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas. Di sekitar air terjun tersebut dapat melihat sejenis lumut merah yang endemik di Jawa Barat.

8. Tempat Wisata Sejarah Situs Gunung Padang Cianjur
Gunung padang bukan tempat wisata di Padang, namanya saja yang ada padang, tapi bukan kota padang yang ada di Sumatera Berat, melainkan sebuah situs peninggalan zaman dahulu yang ada di Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.


Objek wisata sejarah ini merupakan sebuah situs megalitik yang berbentuk punden berundak terbesar di Asia Tenggara. Luas dari bangunan purbakalanya mencapai 900 m2 dengan luas areal situs sekitar 3 hektar. Balok-balok batu berserakan di mana-mana, berpusat di gunung yang berusia sangat tua sekali. Tidak hanya di sana tetapi juga di persawahan, di sekitar rumah-rumah penduduk, bahkan diperkirakan masih tak terhitung jumlahnya tertanam di bawah bukit dan tanahnya yang amat subur. Lokasi situs ini berada di ketinggian 885 m dpl. Bagaimana? Dengan informasi tersebut apakah Anda ingin Dambiro Tour & Travel menemani perjalanan wisata Anda? Baik, kita lanjutkan kembali.

9. Kota Bunga Cianjur


Kota bunga menjadi salah satu tempat wisata favorit di Cianjur yang tidak boleh Anda lewatkan, di sini ada banyak sekali wahana liburan untuk keluarga. Salah satu hal menarik yang ada di sini adalah adanya “Little Vience” atau yang biasa disebut dengan cerminan kota Venesia. Di tempat tersebut Anda bisa berkeliling dengan menggunakan cano. Selain Little Vience, di Kota Bunga juga terdapat permainan anak-anak dan tempat sewa menunggang kuda.

10. Waduk Cirata Cianjur
Bosan dengan yang namanya waduk. Kali ini berbeda, menurut pengalaman Dambiro Tour & Travel bila Anda mengunjungi waduk ini, pikiran Anda akan plong, Anda akan berasa di tengah lautan dikarenakan waduknya sangat besar.


Fungsi waduk ini sebenarnya adalah sebagai pembangkit listrik, namun karena sebagian orang banyak yang tertarik mengunjungi objek ini timbullah ide membuka destinasi tempat wisata. Di waduh cirata ini Anda juga dapat menikmati luasnya dengan menaiki perahu seharga Rp 30.000 selama 2 jam atau Dambiro Tour & Travel juga dapat memberikan Paket Wisata Murahnya.

11. Wisata Religi Masjid Agung Cianjur


Merupakan sebuah Masjid yang megah dan terletak di pusat Kota Cianjur dan pertama kali dibangun pada tahun 1810 M oleh penduduk Cianjur yang namanya tidak tercatat. Masjid ini didirikan di atas tanah wakaf Ny. Raden Bodedar binti Kangjeng Dalem Sabiruddin, yang merupakan Bupati Cianjur ke – 4.

12. Arung Jeram di Sungai Cikundul Cianjur
Arung jeram di Sungai Cikundul merupakan salah satu obyek wisata yang menjadi andalan Kabupaten Cianjur – Jawa Barat, juga letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Cianjur, bahkan merupakan lintasan jalur antar provinsi sehingga dekat dengan Jakarta, Bogor, dan Bandung.
Kegiatan rafting (arung jeram) di sungai ini memiliki jalur sepanjang 7 kilometer. Di sepanjang Sungai Cikundul ini terdapat beberapa lokasi wisata yang di kelola dengan serius oleh Dinas Pariwisata setempat, sebut saja seperti: jalur wisata off-road, wisata Religi Dalem Cikundul, wisata Waduk Cirata dan Danau Jangari. Pesona alam di sepanjang Sungai Cikundul ini dengan pohon – pohonnya yang menjulang tinggi, lingkungan yang asri, ditambah hiruk pikuknya arus sungai nan jernih, semakin membuat pengunjung betah berlama – lama.


Jalur rafting di Sungai Cikundul ini memiliki banyak lokasi jeram yang cukup ekstrem dengan gelombang arus ombak yang besar. Namun tidak perlu kuatir, karena wisatawan yang ingin memacu adrenalin di sini, tentunya didampingi dengan tim instruktur yang profesional dan telah berpengalaman. Dambiro Tour & Travel, merupakan biro perjalanan yang menjadikan arung jeram Sungai Cikundul ini sebagai salah satu andalan paket wisatanya.

13. The Jhon’s Aquatic Resort Cianjur


Ada berbagai macam permainan yang tersedia di sini antara lain : Waterball, Boat Lagoon, ATV, Trampoline, Menunggang Kuda, dan Flying Fox.
Address: Jl. Desa Babakan Karet, Kp. Tangkil, Kawasan Hutan Kota Cianjur, Panembong, Kec. Cianjur, Jawa Barat 43251

14. Liburan Keluarga ke Arena Fantasi Kota Bunga Cipanas Cianjur


Wisata Arena Fantasi Kota Bunga terdapat di Villa Kota Bunga, Puncak Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Cianjur, berupa arena bermain anak & keluarga. Arena Fantasi adalah wahana bermain untuk anak-anak, berbagai permainan terdapat di dalamnya seperti : Bumper car, Rio Grande / kereta mini, jet fighter, antique car, bumper boat, venture river, tic-tac wheel dll.

Buka hari Sabtu, Minggu dan hari-hari libur dari Pukul 08.00 s/d Pukul 18.00
Harga tiket masuk = Rp. 25.000,- tanpa permainan (usia >2 Th bayar penuh)
Harga tiket terusan = Rp. 40.000,- (tiket masuk dan 11 permainan sepuasnya)
1) Bumper car
2) Rio Grande / kereta mini
3) Jet fighter
4) Antique car
5) Major orbit
6) Lunar around (khusus anak-anak)
7) Venture river / perahu dayung
8) Tic-tac wheel
9) Magic ring kuda
10) Willy the whale
11) Mandi bola (khusus anak-anak)

Permainan yang tidak termasuk tiket terusan,
1) Bumper boat = Rp. 15.000,- per orang
2) Battery boat = Rp. 10.000 per coin
3) Games = Rp. 3.000,- per coin
4) Midway = Rp. 1.000,- per orang
5) Sniper = Rp. 10.000,- per 30 butir peluru
6) Fishy-fishy = Rp. 10.000,- per token.
Dambiro Tour & Travel juga menyediakan Paket Wisata Murah termasuk tiket masuk Objek Wisata tersebut yang tentunya lebih hemat dengan mengandalkan member kami.
Kunjungi juga tempat wisata alamnya di Bogor

15. Wisata Puncak Rindu Alam Cianjur


Puncak rindu alam menjadi salah satu tujuan wisata di Cianjur, lokasinya ada di Jln Raya Puncak KM 83 (Puncak Pass, Cisarua), Bogor, Jawa Barat. setelah melewati Masjid Besar At Ta’awun kita akan melihat Restoran dengan papan nama besar Bernama Restoran Rindu Alam merupakan tempat tertinggi yang dilalui jalan raya puncak yaitu pada ketinggian 1443 m, sedikit di bawah Puncak Pass yang memiliki ketinggian 1463 m. Untuk menemukan Kawasan ini kita cukup menyusuri terus jln Raya Puncak sampai kita menemukan Masjid At Ta’awun, terus menanjak sampai nanti kita akan melihat Restoran disisi kanan jalan. biasanya untuk menemukan kawasan ini cukup mudah soalnya ramai dikunjungi oleh wisatawan.


Namun demikian lokasi rindu alam memiliki pemandangan yang sangat indah dan luar biasa. Ke arah utara hingga barat di bawah rindu alam terhampar pemandangan perkebunan teh dan jalan raya puncak yang meliuk-liuk membelah perkebunan teh. Disisi barat terlihat lereng gunung gede Pangrango dan puncak gunung salak disisi selatan terlihat pemandangan lereng gunung gede Pangrango. Disisi utara dan timur dibatasi oleh pemandangan gunung Kencana dan Gunung luhur.

16. Wana Wisata Mandalawangi Cianjur
Wana Wisata Mandalawangi juga menarik untuk kita kunjungi, lokasi wana wisata memiliki luas sekitar 39,5 ha di Desa Rarahan, Kecamatan Pacet, 25 km dari Kota Cianjur, dengan ketinggian 1000 m dpl dan suhu udara rata-rata 18 – 20 C, dengan koleksi bermacam flora dan fauna.


17. Pantai Arfa Cianjur
Tempat wisata Pantai Arfa Cianjur ini terletak di Kecamatan Sindang Barang, Cianjur Selatan, di sebelah selatan kota Sindang Barang, sekitar 300 meter dari alun-alun Sindang Barang.


Bagaimana? Anda sudah tidak sabar lagi ingin segera liburan ke Cianjur bersama Dambiro Tour & Travel? Itulah Tempat Wisata di Cianjur yang Wajib Dikunjungi dari kami, semoga bisa menjadi panduan wisata untuk Anda bersama keluarga atau orang-orang tercinta. Hubungi tim marketing kami di bawah ini untuk mendapatkan pengalaman menarik serta harga promonya.


Untuk Pemesanan & informasi lebih lanjut hubungi :
Tlp / SMS / WA  :  081519455507
Tlp                       :  082311940465
Alamat                 :  Jl. Cikarang - Cibarusah No. 31 (Pintu Tol Cikarang Barat), Samping Baso / Rumah Makan 52 Cikarang Selatan - Bekasi 17530
Bagikan artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Artikel Terkait

2 komentar:

  1. wah keren gan . makasih udah di uLas tempat menariknya di kota santri , kebetulan saya juga tinggak di cianjur ..hehsh

    BalasHapus
  2. Sip, mantap gan (y)
    Kalau ada beberapa tempat yang belum di ulas, boleh informasikan di komentarnya gan. Kita informasikan bahwa cianjur juga banyak tempat wisata menarik yang tidak kalah dengan tempat wisata lainnya :-)

    BalasHapus

Jangan lupa berkomentar di sini ya